Sabtu, 22 Februari 2014

Something Special of My Name




Berbicara tentang nama, orang bilang nama adalah sebuah doa,apalagi bila dikaitkan dengan label agama. Tak dapat dipungkiri dari  nama kita dapat mengetahui agama/kepercayaan dari si mpu-nya nama, atau bahkan kita dapat menebak etnis/suku  si mpu-nya nama. Seringkali teman-teman juga bertanya arti dari nama saya, bahkan beberapa teman menduga nama belakang saya adalah sebuah nama marga. Wajar, memang nama saya terdengar asing tapi percayalah ada cerita gokil di balik pemberian nama saya. :)

Saya sendiri tidak tahu apa makna/arti dari nama saya selain makna hari lahir saya. Sudah ribuan kali saya menanyakannya pada orang tua saya tapi jawabannya masih sama "Duh, yo wis ngono iku...".Jawaban yang sangat tidak memuaskan, membuat saya selalu penasaran. Suatu hari saya sedang ngobrol dengan om(red.pak lek) saya yang Guanteng, iseng tanya tentang makna dari nama saya, eh om saya malah ketawa. Dan kemudian si om mulai cerita, jadi sebenarnnya dulu om saya yang ikut andil dalam memberikan nama buat saya. Di era tahun 80-an, Syahnaz Haq dan Marisa Haq lagi tenar-tenarnya. Terinspirasi dari nama keluarga Haq, om saya menyarankan nama "Haq" sebagai nama belakang saya. Ternyata bapak saya setuju, kemungkinan bapak saya nggak tahu gimana nulis Haq, jadi ditulis Ehak di surat kelahiran saya. Hahahhaha sejak itu nama saya jadi Lani Sabtulal Ehak. Kalau orang tua, saya ceritain tentang apa yang dibilang om saya, mereka pasti ketawa... :)

Anyway, buat saya nama saya sebuah keberkahan, membawa kebahagiaan dan saya merasa sangat beruntung menyandang nama tersebut. Apalagi nama belakang saya yang sedikit unik, membuat beberapa orang penasaran dengan saya :D
Dulu waktu SMK, ada seorang teman yang penasaran banget sama saya karena salah satu teman saya memanggil saya dengan sebutan Ehak. Pernah juga temen saya yang beda kelas, kenal saya dengan sebutan Ehak, nah suatu hari pas kami ngobrol dia tanya sama saya "eh, yang namanya Lani di kelasmu itu yang mana sih...?" saya langsung tertawa jungkir balik. "ya aku, aku Lani"
"Lho jadi namamu Lani???" hahahhaha

Jadi senyum-senyum sendiri kalau inget :) secara pribadi saya lebih suka dipanggil Ehak dan sampai saat ini bapak selalu manggil saya Ehak.

Tidak ada komentar: